Mengeluti bisnis emas di yogyakarta

TEMPO.CO, Yogyakarta–Pasangan muda di Yogyakarta mulai banyak berinvestasi emas batangan. Sebab, investasi emas batangan sangat menjanjikan dan minim risiko.

“Pasangan muda di Yogyakarta semakin banyak yang berinvestasi emas batangan, bukan emas perhiasan,” kata Ratna Setyaningsih, salah satu pengusaha emas di Yogyakarta, Senin 21 Januari 2013.

Investasi untuk masa depan keluarga seperti biaya pendidikan anak dan hidup semakin kecukupan. Risiko investasi emas batangan pun lebih kecil dibandingkan emas perhiasan.

Risiko hilang dan pudar untuk emas perhiasan lebih tinggi karena sering dipakai. Namun emas batangan yang disimpan akan lebih aman dari risiko-risiko itu.

Harga purna jual emas perhiasan pun akan turun 5-10 persen. Sedangkan emas batangan hanya 2 persen saja. Meskipun begitu, pemilik emas tetap tidak akan rugi karena harga emas cenderung naik. Jikapun turun tidak terlalu rendah. Diibaratkan hanya seperti gigi gergaji, naik turunnya sedikit.

Harga emas batangan atau disebut logam mulia bersertifikat saat ini Rp 545 ribu per gram. Sedangkan emas perhiasan 75 persen Rp 420 ribu per gram. Sedangkan emas perhiasan 40 persen atau biasa disebut emas muda Rp 230 ribu per gram. “Jika inflasi tinggi, harga emas juga akan semakin tinggi,” kata dia.

Emas-emas batangan diproduksi antara lain oleh PT Aneka Tambang (Antam) dan pabrikan emas lainnya. Investasi emas batangan itu tidak harus batangan 1 kilogram. Namun dibuat per 100 gram. Sehingga yang mau investasi emas batangan tidak harus dengan modal sangat banyak.

Menurut Titin, salah satu pegawai toko emas di Jalan Solo, pasangan muda banyak yang bertanya soal keuntungan jika berinvestasi emas batangan. Tetapi juga banyak yang membeli emas perhiasan, kalung, gelang, cincin dan lain-lain.  “Emas batangan semakin menjadi idola,” kata dia.

MUH SYAIFULLAH

Untuk berita terbaru, ikuti Yahoo! Indonesia di Twitter dan Facebook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s